Select Page

Banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa pijat bayi mampu memberikan manfaat positif pada proses tumbuh kembang bayi. Salah satu penelitian yang dilakukan Lorraine Tolley (The Guild Of Infant and Child Massage) mengatakan pijat bayi mampu membuat bayi menjadi lebih tenang dan merangsang sistem imun. Selain itu, pijatan bayi juga mampu mengurangi masalah tidur, memberi pengalaman positif, fungsi motorik menjadi meningkat, dan mempengaruhi 82 % perbaikan otot serta kaki pada bayi.

Sederet manfaat pijatan bayi ini tentu akan dirasakan oleh sang buah hati, saat pemijatan dilakukan dengan baik dan benar. Pemijatan yang dilakukan secara sembarangan akan beresiko fatal. Jadi, Moms harus memahami betul teknik pemijatannya, ya!

Berdasarkan The American Massage Therapy Association, pijat bayi dapat dilakukan dengan memegang, menggerakan, dan memberi tekanan pada tubuh bayi. Pada umumnya area tubuh bayi yang boleh diberikan sentuhan pijat  antara lain seperti wajah, dada, perut, tangan, kaki, dan punggung. Serangkaian pijat ini mempunyai  gerakan masing-masing, salah satunya gerakan pijat wajah pada bayi.

Pijat yang dilakukan di area wajah bayi mampu memberikan manfaat untuk mendorong stimulasi kemampuannya berbicara. Kemudian, pijatan wajah pada bayi juga mampu mendorong stimulus sensor saraf pendengaran, penciuman, sampai dengan penglihatan. Pemijatan di area ini perlu dilakukan secara hati-hati dan perlahan- lahan. Pastikan untuk selalu membuat bayi nyaman dan tidak kesakitan atau menangis saat melakukan pijat.

Pijat di area wajah bayi mempunyai beragam gerakan yang memiliki manfaat tertentu. Manfaat pijatan wajah ini akan Berdasarkan modul UKK tumbuh kembang pediatri sosial 2013, gerakan-gerakan itu antara lain seperti gerakan careless love (sentuhan cinta), relax (pijatan daerah alis), circle down (pijatan memutar membentuk lingkaran), smile (senyuman), dan cute (Pijatan daerah belakang telinga). Simak penjelasannya berikut ini ya, moms :

1. Gerakan Careless Love (Sentuhan Cinta)

Gerakan ini dilakukan dengan cara memberikan sentuhan atau usapan rasa sayang. Dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping, seperti gerakan membuka buku. Sebelum mempraktikan gerakan careless love, pastikan tangan bersih dan kondisi tangan dalam keadaan hangat.

2. Gerakan Relax (Pijatan Daerah Alis)

Gerakan pijat relax dilakukan dengan memijat daerah atas alis dari tengah ke samping dengan menggunakan ibu jari. Biasanya gerakan relax ini mempunyai manfaat agar bayi bisa tenang dan tidur lebih nyenyak.

3. Gerakan Circle Down (Pijatan Memutar Membentuk Lingkaran)

Gerakan ini dimulai dari kedua sudut mata bagian dalam, lalu melewati pangkal hidung, sampai tulang pipi disertai dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau telunjuk. Manfaat dari gerakan ini adalah mengurangi pegal.

4. Gerakan Smile (Senyum)

Gerakan ini dimulai dari memijat dari atas mulut mengunakan ibu jari mulai dari tengah ke samping lalu ke arah pipi seperti senyuman bayi. Kemudian lakukan juga gerakan pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping mengarah ke area pipi seolah membuat bayi tersenyum.

5. Gerakan Cute (Pijatan Daerah Belakang Telinga)

Gerakan ini merupakan gerakan pamungkas pada pijat wajah. Dengan mengakhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telingan menuju dagu meggunakan tiga jari.

Pijatan wajah ini memiliki manfaat positif untuk perkembangan si bayi. Kalau Moms masih ragu untuk mempraktikan gerakan-gerakan di atas, sebaiknya moms konsultasikan dulu dengan terapis yang berpengalaman ya. Karena pijat pada bayi harus berdasarkan teknik yang baik dan benar.

Jika moms berencana melakukan pijat kehamilan dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare solusi layanan pijat bayi dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!