Select Page

Sumber : Orami Parenting

Kegiatan yoga pada umumnya bukan hanya dilakukan untuk orang dewasa, bayi juga bisa melakukan aktivitas yoga. Yoga adalah olah tubuh yang melibatkan tubuh bayi secara menyeluruh, baik secara fisik maupun psikologis. Meskipun teori pengajarannya sama, namun secara gerakan baby yoga memiliki perbedaan. Sehingga dalam pelaksanaanya, kegiatan baby yoga perlu didampingi instruktur yang berpengalaman. Layaknya pijat bayi, baby yoga kaya dengan manfaat untuk menyokong pertumbuhan si kecil

Riset yang dilakukan oleh Theodore Wacks, Ahli Psikologi Universitas Purdue mengungkapkan, bayi yang memperoleh stimulasi melalui sentuhan, memiliki perkembangan kognitif lebih cepat, mulai dari kemampuan berpikir, mengingat, hingga berbahasa. Dampaknya ke depan, yoga bisa mengoptimalkan perkembangan secara psikologis, perilaku, dan sosial yang didapat dari sang ibu.

Bayi melakukan kegiatan yoga disarankan mulai dari 3 bulan hingga sebelum mulai berjalan . Di usia itu bayi sudah mempunyai kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas yoga. Selain itu, kegiatan yoga baru bisa dilakukan ketika bayi tidak dalam keadaan lapar, ngantuk, atau justru moodnya kurang baik. Yoga untuk bayi umumnya dilakukan dengan durasi 20 menit. 

Selengkapnya yuk kita simak poin poin yang perlu diperhatikan saat melakukan yoga bayi :

  • Ruangan dan matras harus dalam keadaan bersih sehingga aktivitas yoga jadi nyaman
  • Pastingan suasana yoga tenang dan tidak dengan lingkungan bising
  • Iringi aktivitas yoga dengan instrumen yang lembut dan menenangkan
  • Pilih pakaian yang nyaman untuk Moms dan Si Kecil agar gerakan lebih leluasa. Pilih bahan yang tidak menyerap panas
  • Jangan paksa si kecil, bila si kecil ingin menyusui, berilah kesempatan
  • Perhatikan dan jangan abaikan peran instruktur yoga

Dalam melakukan aktivitas yoga, 6 poin ini wajib dilakukan ya Moms. Pastikan dulu Moms sering berkonsultasi dengan instruktur yoga bayi yang berpengalaman. Manfaat yoga ini tentu akan dirasakan bilamana yoga dilakukan dengan baik dan benar sesuai  dengan petunjuk instruktur yoga.

Manfaat melakukan yoga dengan si kecil antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Yoga bayi berkontribusi dalam memperkuat sistem imun pada si kecil. Dengan meningkatnya kekuatan imun bayi, si kecil jadi tidak mudah sakit.

2. Memperkuat ikatan ibu dan anak

Kegiatan yoga bisa memperkuat ikatan emosi/ bonding atau ibu dan anak. Bonding ini berkontribusi untuk menciptakan rasa aman, percaya diri dan mencerdskan si kecil. Ketika kenyamanan dan keamanan tercipta, maka segla pembelajaran bagi si kecil akan lancar

3. Meningkatkan nafsu makan bayi

Tak hanya membuat si kecil nafsu makannya meningkat, kegiatan yoga juga bisa mencegah si kecil masuk angin

4. Merangsang saraf motorik

Ketika saraf motorik berkembang, maka si kecil juga akna mudah beradaptasi. Selain itu yoga juga dapat mengalihkan perhatian anak dari serangan gadget

5. Membuat Ibu dan Si Kecil Semakin Rileks

Yoga ini tak hanya bermanfaat untuk si bayi, manfaat yang baik juga akan dirasakan oleh ibu. Saat ketenangan dan kenyamanan didapat maka tidur si kecil akan lebih berkualitas dan tidak mudah rewel

            Sudah tertarik untuk melakukan yoga bayi Moms? Pastikan perhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan di atas ya! Selain itu jangan lupa, pilihlah instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi. Ketika melakukan yoga bayi, pastikan kegiatan ini juga perlu didampingi  dan jangan mengabaikan peran instruktur, agar manfaat kegiatan yoga bisa Moms dan Si kecil rasakan.

Nah,  jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare  dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!