Select Page

Proses mengASIhi memang tak selamanya berjalan lancar. Pasti setiap ibu harus menghadapi setiap tantangan menghadapi si kecil, salah satunya saat si kecil ada di tahap suka menggigit saat menyusui. Hal ini  normal terjadi, pasti ibu merasakan sakit dan tidak nyaman saat proses mengASIhi. 

Saat si kecil memiliki kebiasaan menggigit, Moms harus tegas dan tidak boleh diam. Proses mengASIhi harus disertai rasa kenyamanan dan Bahagia. Umumnya kebiasaan ini diakibatkan, karena si kecil berada pada fase tumbuh gigi, sehingga ia cenderung ingin menggigit apa pun yang mereka dapatkan, termasuk puting saat proses menyusui.

Dilansir dari Parenting FirstCry, ada beberapa alasan  mengapa si kecil memiliki kebiasaan menggigit saat menyusui, beberapa diantaranya adalah :

1. Tumbuh Gigi

Saat si kecil ada di fase tumbuh gigi, ia akan merasakan giginya semakin gatal dan sakit. Jika si kecil ada di fase ini, beri si kecil mainan khusus untuk digigit, seperti teether. Teether menjadi alat sekaligus alternatif si kecil belajar mengigit

2. Perhatiannya Teralihkan

Saat menyusui, si kecil kadang merasa tidak sadar saat perhatiannya teralihkan. Alhasil, ia tidak sengaja menarik atau mengigit puting ibu

3. Ingin minum ASI jumlah banyak

Ada kalanya si kecil ingin ASI dalam jumlah banyak. Sehingga dengan mengigit, harapannya si kecil peroduksi ASI menjadi banyak

4. Mengantuk

Bisa jadi si kecil merasa ngantuk, sehingga ia tidak sengaja mengigit puting saat menyusui

5. Tanda kasih sayang

Barangkali si kecil menyukai momen saat menyusui, sehingga ia sukar melepas dan merasa gemas

Nah alternatif agar si kecil tidak menggigit saat menyusui, Moms bisa membuat teether alami yang sederhana dan kaya manfaatnya untuk si kecil . Beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Biskuit Homade

Yang dibuat dari tepung garut, tepung kentang, atau maizena

  • Es Homade Semangka

Potong buah semangkan beberapa bagian dan tambahkan perasan lemon. Jus hingga lembut. Masukan jus ke dalam cetakan popsicle dan bekukan

  • Pisang Beku

Mengupas pisang dengan ukuran besar, mencegah bayi agar tidak tersedak. Lalu, tinggal bekukan beberapa jam

  • Wortel, Mentimun, Apel

Moms bisa mengupas kulit wortel, cuci bersih, berikan pada si kecil. Atau Moms bisa menggunakan mentimun dan apel.

Jika si kecil masih tetap memiliki kebiasaan menggigit saat menyusui. Berikut beberapa tips yang bisa Moms coba diterapkan di rumah. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Menggunakan jari/kelingking sebagai pembatas

Saat Moms sedang menyusui si kecil, pastikan dan tetap perhatikan si kecil saat si kecil mulai memperlihatkan tanda-tanda kenyang saat menyusui

2. Berikan teether setelah menyusui

Berikan teether untuk si kecil setelah selesai menyusui, saat si kecil tumbuh gigi. Teether menjadi alternatif yang aman untuk digigit bayi. Moms juga bisa memanfaatkan teether alami, ya.

3. Pelajari dan Peringatkan Si Kecil

Pelajari pola si kecil, biasanya momen ini terjadi, saat si kecil merasa kenyang dan cukup ASI. Moms bisa mencoba melepaskan bayi dari payudara untuk memperlambat hisapannya. Jika si kecil menggigit saay menyusui, letakan dulu sementara. Jika masih dilakukan si kecil, ulangi hukumannya. Karena bayi cukup pintar membaca isyarat.

4. Pastikan bayi sedekat mungkin dengan payudara

Jangan biarkan si kecil jauh dari letak payudara. Jadi coba dorong kepala si kecil ke payudara guna meregangkan gigitan. Jika Moms menarik payudara jauh, justru akan membuat si kecil semakin kuat gigitannya.

5. Mengendalikan reaksi dan rasa sakit

Coba belajar mengontrol dan mengedalikan rasa sakit, ya Moms. Kalau Moms mampu, tahan jeritan agar tidak menyebabkan trauma pada si kecil

Pada fase ini ada baiknya Moms perlu bersabar dan sebisa mungkin mengndalikan emosi ya. Moms, bisa melakukan beberapa tips di atas untuk mengurangi kebiasaan yang kurang baik pada si kecil. Tetap semangat menyusui ya, Moms.

Kalau moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare solusi layanan pijat bayi dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!