Select Page

Kesulitan tidur tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, bayi juga kerapkali mengalami masalah tersebut. Ini normal terjadi pada bayi baru lahir. Hal ini dikarenakan si kecil belum memiliki pola tidur yang teratur. Meskipun masalah tidur normal terjadi, namun Moms perlu juga merasa khawatir ketika sulitnya tidur adalah pertanda si kecil mengalami kondisi medis tertentu.

Menurut penelitian yang dilakukan Baby Centre, ada banyak alasan bayi kurang tidur nyenyak sepanjang malam, diantaranya seperti membutuhkan makanan, memastikan keberadaan orangtuanya, atau bayi sedang dalam masa proses pertumbuhan gigi. Selain itu masalah tidur bisa juga disebabkan kesalahan orangtua dalam menidurkan si kecil. Membentuk pola tidur pada si kecil perlu dilatih sedini mungkin, agar si kecil dapat memperoleh tidur yang berkualitas.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan si kecil sulit tidur nyenyak, diantaranya adalah :

1. Bayi Belum Mempunyai Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan tubuh perlu tidur. Dalam mengatasi masalah ini, Moms perlu mendisiplinkan waktu tidur si kecil.

2. Bayi Sedang Lapar

Saat lapar bayi akan terbangun dan semakin rewel di malam hari. Oleh karena itu, beri ASI yang cukup.

3. Tidak Enak Badan

Saat bayi susah tidur biasanya ada masalah seperti tumbuh gigi, pilek, alergi, sembelit dan masalah kesehatan lainnnya.

4. Memastikan Keberadaan Orangtua

Bayi tidak tidur nyenyak bisa jadi si kecil ingin terus tidur di dekat Moms.

Pola tidur si kecil harus dibentuk sedini mungkin, agar si kecil dan Moms bisa memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas. Umumnya, bayi  memiliki jam tidur sekitar 16-17 jam dan terbangun selama 1-2 jam. Saat si kecil usia 6 bulan ke atas, bayi membutuhkan waktu tidur selama 12-16 jam per hari. Membentuk pola tidur yang teratur bermanfaat juga agar pertumbuhan si kecil semakin optimal dan energinya tidak terkuras.

Ada beberapa tips yang Moms bisa lakukan untuk mengatur sekaligus membentuk pola tidur si kecil diantaranya adalah :

1. Mengatur Pola Tidur Si Kecil

Buat siang hari menjadi waktu untuk melakukan aktivitas. Sedangkan malam menjadi waktu istirahat. Buat jadwal rutin waktu bangun dan tidur agar si kecil terbiasa dengan jadwal tersebut.

2. Ciptakan Suasana Kamar Yang Nyaman

Moms bisa menggunakan lampu redup di kamar, buat kamar tenang, jauhkan si kecil dari suara bising. Beri suara pengantar tidur dan menenangkan si kecil.

3. Beri Si Kecil Makan Secukupnya dan Tidak Berlebihan

Kekenyangan justru akan membuat si kecil makin gelisah. Jadi berikan si kecil makan secukupnya saja agar si kecil tidur dengan pulas.

4. Gunakan DOT

Untuk menenangkan si kecil, Moms bisa menggunakan DOT.

5. Saat Mengantuk, Segera Tidurkan

Saat si kecil mengantuk, pastikan segera untuk menidurkannya. Jangan lupa ciptakan keadaan bersih tempat tidur si kecil, agar tertidur pulas.

Moms bia melakukan tips di atas untuk membentuk pola tidur si kecil sekarang. Selain itu, memberi pijat pada bayi juga bisa menjadi solusi untuk membuat si kecil tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

Nah,  jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare  dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!