Select Page

Apakah Moms pernah mengalami kondisi jerawat pada puting saat menyusui si kecil? Jika pernah mengalami, kondisi ini dikenal dengan istilah milk blister. Jerawat sekitar puting ini pasti akan membuat Moms dan si kecil terasa kurang nyaman dan terasa perih saat Moms mengASIhi si kecil.

Milk blister adalah jerawat kecil yang muncul di sekitar puting. Ada dua jenis milk blister yang seringkali muncul dalam masaah menyusui.  Milk blister biasanya berupa lepuhan terjadi saat beberapa kulit tumbuh di atas pembukaan saluran ASI. Yang kedua, berupa bintik putih yang terjadi saat ASI (susu kering) tersumbat di dalam salauran ASI yang dapat menghentikan aliran ASI.

Umumnya milk blister atau jerawat puting yang sering muncul pada ibu menyusui tidak menyumbat saluran susu. Namun jika gejalanya parah, hal ini bisa mengakibatkan penyumbatan.

Faktor pemicu timbulnya jerawat pada puting diakibatkan beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut :

1. Kelebihan ASI pada ibu menyusui

2. Tekanan pada payudara

3. Masalah pelekatan dan masalah mengisap

4. Flensa atau pinggiran mulut pompa ASI kurang pas

5. Alergi pada krim, losion, salep, atau obat yang dioleskan pada puting susu.

Milk Blister memang sangat mengganggu pada proses menyusui, apalagi kebutuhan ASI si kecil harus tetap terpenuhi. Berikut beberapa tips meredakan jerawat puting saat senyusui si kecil antara lain sebagai berikut :

  • Kompres payudara menggunakan air hangat selama lima menit sebelum waktu menyusui

Suhu air hangat dapat membuka saluran  susu. Untuk itu, setelah melakukan kompres pada putting, segera susui si kecil agar dapat membantu melepaskan sumbatan saat menyusui.

  • Jaga kelembaban area puting dan gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat melembutkan kulit yang menutupi area puting. Rendam kapas dengan minyak zaitun, oleskan secara perlahan. Letakan kapas di sekitar puting seharian ya, Moms.

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan jangan memakai baju yang ketat

Jangan menggunakan bra berkawat, karena bra tersebut malah akan menimbulkan rasa makin nyeri. Jadi gunakan pakaian yang nyaman dan longgar saja ya, Moms.

  • Pastikan pelekatan saat menyusui harus benar dan tepat dan pastikan tetap menyusui si kecil dengan rutin.

Dalam proses menyusui, masalah pelekatan juga penting. Untuk itu menemukan proses pelekatan yang baik dan tepat, jangan ragu untuk konsultasikan hal tersebut dengan konselor laktasi.

  •  Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan puting

Hindari melakukan ini ya, Moms. Karena puting menghasilkan minyak alami sebagai pembersih.

Jika Moms mengalami kondisi milk blister, Moms bisa meredakannya dengan mencoba tips-tips di atas untuk meredakan rasa perih pada saat proses menyusui. Kalau rasa sakitnya belum berkurang, segera konsultasikan denga dokter, ya Moms.

Kalau moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare solusi layanan pijat bayi dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!