Select Page

Baby spa bukan sekadar tren belaka atau hal baru lho, Moms. Lebih dari itu, baby spa ternyata punya segudang manfaat seperti pijat bayi. Kegiatan baby spa sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala, hanya saja caranya lebih tradisional. Kegiatan baby spa memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil lho, Moms.

SPA merupakan kepanjangan dari solus yaitu pengobatan, per yaitu dengan, lalu aqua adalah air. Jadi, baby spa adalah pengobatan atau perawatan dengan menggunakan medianya air. Umumnya rangkaian baby spa terdiri dari dua tahapan. Pada sesi pertama, bayi diberikan pijatan lalu dilanjutkan dengan berenang sebagai sesi keduanya. 

Sebuah riset yang dilakukan di Brazil mengungkapkan, bayi yang dilatih berenang dengan durasi 40 menit selama 4 bulan, lebih baik dalam perkembangan motorik. Selain itu, para bayi juga lebih cepat tanggap terhadap stimulasi di sekitarnya.

Umumnya kegiatan baby spa dilakukan pada bayi dengan rentang usia 4 bulan hingga 3 tahun. Durasi kegiatan ini biasanya berlangsung selama 10-20 menit. Jika bayi sudah terbiasa dengan kegiatan ini, baby spa bisa berdurasi hingga 30 menit.

Seperti hasil riset yang dikemukakan tahun 2013, baby spa ternyata punya manfaat untuk pertumbuhan si kecil. Beberapa manfaat-manfaat kegiatan baby spa antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Peningkatan berat badan ini diperoleh dari stimulasi pijat. Seperti yang dikemukakan di paragraf sebelumya, rangkaian spa ada dua tahapan yang dimulai dengan memberikan si kecil pijatan.  Baby spa juga mampu merangsang enzim dalam perut bayi, sehingga nantinya akan mampu menyerap gizi secara optimal.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Baby spa juga memiliki kontribusi manfaat untuk melancarkan pencernaan bayi. Asosiasi Pijat Bayi Internasional (IAIM) mengungkapkan, pijat bayi di baby spa dapat melancarkan sistem pencernaan dan peredaran darah. Umumnya, bayi seringkali terkena masalah pencernaan, lewat rangkaian baby spa ternyata mampu meredakan keluhan pencernaan lho, Moms.

3. Merangsang Perkembangan Sensorik dan Motorik bayi

Seperti dikemukakan di paragraf pada riset yang dilakukan di Brazil, baby spa mempunyai manfaat untuk perkembangan sensorik dan motorik. Dampaknya, bayi jadi lebih cepat tanggap.  Selain itu, koordinasi tubuh juga akan ikut berkembang saat bayi berenang. Tak hanya itu otak juga ikut berkembang karena otak akan menghasilkan sel-sel baru saat si kecil beraktivitas di kolam baby spa.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang Bayi

Kegiatan baby spa ini juga bermanfaat dalam perkembangan otot dan tulang, karena baby spa layaknya seperti olahraga berenang. Gerakan bayi saat berenang juga bermanfaat meningkatkan kekuatan otot dan tulang pada bayi.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Baby spa akan mendorong otot-otot bayi menjadi lentur, sehat, dan kuat, sehingga tidak mudah kejang dan nyeri. Oleh karena itu, bayi jadi nyaman dan tenang yang pada akhirnya akan membuat si kecil tertidur lebih cepat dan tidur dengan pulas.

6. Membuat Bayi Lebih Rileks dan Tenang

Lewat rangkaian baby spa, manfaat yang diperoleh antara lain menjadikan tubuh bayi nyaman dan tenang. Karena pijatan berkontribusi melepaskan hormon oksitosin dan juga endorfin.

Bagimana Moms? Sudah tidak ragu lagi untuk melakukan  Baby Spa kan? Baby Spa memang mempunya kebermanfaatan mendukung tumbuh kembang si kecil. Nah,  Jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare  dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!