Select Page

Apakah Moms masih kebingungan atau bertanya-tanya mengapa bercak putih ada di lidah si kecil? Berbahaya atau tidak, ya untuk si kecil? Kalau Moms masih bingung, dalam istilah medis bercak putih pada lidah si kecil dikenal dengan istilah oral thrust.

Oral Thrust adalah bercak keputihan di dalam mulut bayi. Biasanya dari lidah, menjalar ke selaput pipi sebelah dalam, langit-langit, gusi, dan tenggorokan. Penyebab oral thrust disebabkan oleh jamur candida albicans yang memang tumbuh secara alami di dalam mulut.

Pada umumnya oral thrust bukan kondisi yang serius dan normal terjadi pada bayi. Bayi baru lahir berisiko terkenal oral thrust karena sistem pertahanan tubuhnya belum berkembang secara optimal. Untuk itu, menjaga kebersihan mulut bayi perlu diperhatikan agar kondisi ini tidak terjadi. Jika si kecil mengalami oral thrust, akan berdampak pada ketidaknyamanan pada si kecil, terutama saat menyusui.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan si kecil mengalami oral thrust. Penyebab oral thrust pada si kecil diantaranya, sebagai berikut :

  • Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Oral Thrust juga terjadi karena kebersihan mulut pada bati kurang diperhatikan. Saat kebersihan kurang terjaga maka sisa sisa kuman akan menumpuk dan memicu infeksi.

  • Infeksi Jamur Yang Ditularkan Ibu

Infeksi jamur juga bisa menular melalui saluran ASI. Untuk itu, penting juga memperhatikan kebersihan area sekitar payudara agar jamur tidak mudah menyebar.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Yang Belum Sempurna

Infeksi jamur ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh pada bayi, belum berkembang secara sempurna. Sehingga tubuh bayi belum mampu melawan organisme tertentu.

Meskipun kondisi ini normal terjadi pada si kecil, namun Moms harus tetap memperhatikan ya. Oral thrust akan segera pulih, bila si kecil mendapat penanganan yang baik dan tetap.  Kondisi ini biasanya ditandain dengan gejala-gejala awal seperti  si kecil merasa kesulitan menelan, mudah berdarah jika tergores,  si kecil mudah rewel,  produksi air liurnya makin meningkat, dan terdapat bercak putih di area sekitar lidahnya.  

Selain mengganggu kenyamanan si kecil, oral thrust biasanya juga bisa menular pada Moms bila tidak segera dicegah  atau  jamur semakin meningkat di area lidah si kecil. Untuk itu, Moms ada beberapa pertolongan pertama yang Moms bisa terapkan di rumah jika si kecil mengalami kondisi ini.

Berikut tipsnya, diantaranya sebagai berikut :

– Gunakan kasa steril yang dibasahi air matang untuk membersihkan bagian dalam mulut bayi

– Menggunakan sikat gigi dengan bulu halus, namun tetpa hindari pasta gigi yang mengandung fluoride

– Ganti dot atau puting botol setelah seminggu

– Bersihkan mulut bayi setelah menyusu

– Jika berkepanjangan, segera konsultasikan ke dokter

Jika si kecil mengalami kondisi ini, Moms bisa melakukan tips-tips di atas ya! Jika kondisi ini semakin membuat si kecil tidak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Nah,  jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare  dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!