Select Page

Saat ASI tersumbat, masalah menyusui pasti jai terhambat. Jangan biarkan ini terus berkepanjangan ya, Moms. Saat saluran ASI tersumbat, payudara biasanya menjadi bengkak dan menyebabkan sakit. Masalah penyumbatan ASI memang umum terjadi dalam masalah menyusui. Ini dikarenakan saluran di payudara memiliki drainase yang buruk.

Dikutip dari Baby Center, saluran ASI tersumbat karena Moms kurang teratur mengosongkan payudara selama menyusui sehingga saluran menjadi tidak lancar. Ada beberapa penyebab terjadinya penyumbatan pada saluran ASI. Seperti posisi pelekatan saat menyusui belum tepat, pemakaian bra yang terlalu ketat, pembengkakan payudara, dan produksi ASI yang berlebihan.

Untuk itu, kenali gejalanya lebih dekat agar penyumbatan ASI tidak terjadi. Beberapa tanda – tanda penyumbatan saluran ASI diantaranya :

1. Sakit di salah satu daerah payudara

2. Terjadi pembekakan di sekitar benjolan

3. Rasa tidak nyaman setelah menyusui atau memompa ASI

4. Ada benjolan halus di salah satau daerah payudara

5. Lepuhan putih kecil pada puting

Meskipun hal yang umum terjadi, namun jika tidak diantisipasi secepat mungkin akan menimbulkan masalah menyusui, seperti mastitis.  Dilansir dari Mommyclopedia, jika Moms mengalami payudara bengkak dan tersumbat, berikut tips-tips untuk mengantisipasinya :

1. Kompres hangat atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui.

Selain kompres dengan air hangat, menggunakan air dingin juga bisa. Disesuaikan dengan kenyamanan ya, Moms. Moms dapat mencoba keduanya, lalu pilih cara yang terbaik.

2. Tetap susui bayi untuk mengosongkan payudara secara efektif

Cobalah tetap menyusui. Hisapan bayi juga dapat membantu melepaskan sumbatan. Jika bayi menolak, untuk menyusui, gunakan pompa ASI untuk mengosongkan payudara.

3. Lakukan pijat oksitosin

Melakukan pijat untuk meredakan rasa sakit dan bengkak pada payudara. Untuk melakukan pijat, pastikan lakukan dengan terapis yang berpengalaman dan bersertifikasi.

4. Saat bayi tidur, perah payudara setidaknya 3 jam sekali

5. Kompres dingin payudara setelah menyusui untuk membantu mengurangi bengkak dan nyeri.

Selain itu, Moms juga harus tetap mencukupi kebutuhan beristirahat.  Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, pastikan Moms untuk meminta pertolongan keluarga agar Moms bisa tidur dan beritirahat secara berkualitas.  Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, pastikan Moms untuk meminta pertolongan keluarga agar Moms bisa tidur dan beritirahat secara berkualitas. Asupan makanan dan cairan juga perlu dijaga untuk tubuh, Moms.  Makanan bergizi dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Jika gejalanya muncul, Moms bisa mengantisipasinya dengan cara-cara di atas. Meskipun masalah menyusui ini umum terjadi, namun bila dibiarkan berkepanjangan akan menimbulkan mastitis. Oleh karena itu, jangan tunda untuk segera konsultasi dengan konselor laktasi atau segera pergi ke dokter ya, Moms.

Kalau moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare solusi layanan pijat bayi dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!