Select Page

Sama halnya dengan tindik bayi, mencukur rambut bayi pada dasarnya sudah menjadi bagian tradisi.  Jika dilihat dari sudut pandang medis, cukur bayi sebenarnya bukanlah keharusan dan dikembalikan lagi pada setiap pilihan orang tua. Tradisi yang berjalan, biasanya potong rambut bayi dilakukan, saat usia bayi memasuki hari ke tujuh atau ketika usianya 40 hari.

Beberapa alasan yang memutuskan untuk melakukan cukur rambut bayi, biasanya dilatarbelakangi dengan persoalan kebersihan, simbol membuang hal buruk yang dibawa dari masa lalu, atau mencukur rambut bayi berpengaruh pada lebatnya tumbuh rambut bayi.

Bila Moms, mempunyai pemahaman bahwa mencukur rambut bayi dapat membuat rambut si kecil semakin lebat, ternyata itu salah.  Secara alamiah ada 3 fase pertumbuhan rambut, pertumbuhan rambut ini tentulah berbeda-beda pada setiap orang. Fase pertama dikenal dengan Fase Anagen yaitu fase ketika rambut tumbuh. Fase kedua yaitu Fase Katagen masa peralihan rambut yang beralih ke fase selanjutnya. Terakhir, Fase Telogen yang berarti fase istirahat dan rambut mulai berguguran di fase ini.

Jadi pertumbuhan rambut ternyata memiliki fase waktu yang berbeda-berbeda, sehingga tak heran pertumbuhan rambut di kepala bayi tidak semuanya merata secara utuh. Terlepas boleh atau tidak, jika Moms memilih untuk mencukur rambut bayi, ternyata hal ini juga memberikan banyak manfaat. Tak ada salahnya bila memutuskan untuk mencukur rambut bayi, jika si kecil merasa gerah atau tidak nyaman.

Mencukur rambut bayi mempunyai manfaat seperti menjaga kebersihan kulit kepala bayi, rambut jadi lebih sehat, dapat membersihkan lemak yang menempel pada bayi, dan membuat nyaman si kecil, dan memudahkan perawatan rambut si kecil. Jika Moms, memilih keputusan untuk memotong rambut si kecil, Moms bisa meminta bantuan tenaga profesional yang sudah berpengalaman di bidang ini. Selain itu ada beberapa tips nih Moms yang perlu diperhatikan ketika mencukur rambut bayi :

  • Pastikan Rambut Dalam Keadaan Bersih

Sebelum memotong rambut si kecil. Pastikan dulu rambut si bayi dalam keadaan bersih dan sudah dikeramasi ya, Moms. Agar proses pemotongan rambut jadi lebih mudah,

  • Tetap Tenang Dan Buat Si Kecil Nyaman

Jangan lupa untuk perhatikan kenyamanan di kecil. Buat si kecil tertidur lelap dan pehatikan posisi saat memangku si kecil. Agar memudahkan proses cukur rambut bayi.

  • Jika Ragu, Mintalah Bantuan

Jika ragu untuk mencukur rambut si kecil, Moms bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk mencukur rambut si kecil. Jangan dilakukan bila ragu, karena khawatir membuat kulit kepala si kecil menjadi iritasi.

Nah untuk itu, sekali lagi bahwa mencukur rambut bayi adalah pilihan. Dicukur atau sebaliknya, tidak akan berpengaruh pada laju pertumbuhan rambut bayi semakin cepat atau membuat rambut si kecil semakin lebat. Karena pertumbuhan rambut terjadi secara alamiah dan memiliki waktu yang berbeda-beda. Jika Moms merasa ragu, jangan dilakukan, segeralah meminta bantuan tenaga profesional, ya.

Nah,  jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare  dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!