Select Page

Menyusui nyatanya tak hanya bermanfaat untuk kesehatan bayi, tetapi akan berdampak postif pada kesehatan sang ibu. Kandungan ASI dapat memberikan antibodi, vitamin, protein, lemak, gula, juga nutrisi ideal untuk membantu dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Menyusui tak hanya sebagai makanan terbaik, namun juga mampu memberikan kenyamanan, keamanan, dan berbagai manfaat baik lainnya. Bayi yang minum ASI akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit mulai dari kepala sampai kaki. Selain itu bayi yang diberikan ASI akan lebih cerdas secara kognitif, cerdas emosional, dan perkembangan bahasanya akan lebih baik. Hal ini dikarenakan ASI memang memiliki komposisi dan kandungan yang tepat.

Ada banyak manfaat ketika ibu menyusui si kecil. Dalam menyusui, seringkali banyak beranggapan bahwa yang berperan dalam menyusui hanya ibu, padahal bayi juga ikut berperan. Keduanya saling memunyai peran dalam kesuksesan menyusui.

Berikut beberapa manfaat menyusui untuk kesehatan ibu dan si kecil diantaranya adalah :

1. Menyusui membuat ibu semakin sehat karena mengurangi pendarahan pasca persalinan, mempercepat pengecilan rahim, dan pengembalian berat badan pasca melahirkan.

2. Ibu yang menyusui terlindung dari penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker indung terlur, kanker rahim, kanker payudara, dan pengeroposan tulang

3. Menurunkan risiko anemia dan pendarahan pada ibu setelah melahirkan.

4. Membuat lebih tenang dan meningkatkan bonding ibu dan anak.

5. Menyusui ekslusif selama enam bulan dapat menjadi cara keluarga berencana sehingga mengatur jarak setiap anak dalam keluarga.

Agar kebutuhan ASI untuk si kecil dapat terpenuhi, perawatan payudara juga tak kalah pentingya. Perawatan payudara bisa dilakukan dengan cara memberikan pijatan yang benar selama 30 menit dan 10 hari, dapat membantu produksi ASI semakin lancar. Selain itu, payudara yang diberikan pijatan, kandungan ASI-nya menjadi semakin baik. 

Adapun beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar sukses menyusui diantaranya sebagi berikut :

  • Cari banyak informasi sebelum kelahiran

Salah satu kegagalan menyusui diantaranya karena minimnya informasi dalam menyusui. Untuk itu mencari informasi seputar menyusui, beragam posisi menyusui, gizi untuk ibu menyusui, bisa jadi penentu keberhasilan untuk mengASIhi si kecil.

  • Percaya diri dan motivasi kuat

Sukses tidaknya mengASIhi juga perlu dorongan kuat dan berawal dari kondisi psikologis.

Menurut penelitian, 80% lebih kegagala ibu menyusui dalam memberikan ASI ekslusif adalah faktor psikologis ibu menyusui. Untuk itu, Moms harus tetap tenang dan percaya Moms pasti bisa menyusui si kecil.

  • Susui bayi on demand (Kapan pun bayi mau)

Tidak ada jadwa khusus dalam menyusui si kecil, Moms. Namun akan lebih tepat, berikanlah ASI sesuai dengan keinginan si kecil. Untuk itu, Moms dan Ayah juga harus belajar memperhatikan kapan si kecil merasa haus dan membutuhkan ASI

  • Hindari penggunaan dot/empeng

Saat menyusui, coba untuk menghentikan sementara penggunaan dot. Karena penggunaan dot akan berpengaruh ada penurunan produksi ASI karena kurang efektifnya hisapan bayi saat menyusui.

  • Minta dukungan lingkungan, terutama suami.

Dukungan suami akan berpengaruh pada faktor psikologis ibu saat menyusui. Untuk itu, Moms jangan ragu meminta tolong pada ayah jika Moms memang perlu bantuan.

  • Konsumsi makanan yang bergizi

Dengan kosumsi makanan yang teratur, produksi ASI menjadi lebih lancar dan kebutuhan ASI si kecil pada akhirnya juga terpenuhi.

  • Lakukan Breastcare agar produksi ASI lancar

Lakukan perawatan payudara dengan rutin. Moms bisa memberikan pijatan khusus agar produksi ASI semakin lancar. Lakukan perawatan payudara dengan terapis yang berpengalaman di bidangnya.

Jika moms berencana menggunakan layanan HAMI Homecare dalam waktu dekat, yuk kunjungi HAMI Homecare solusi layanan pijat bayi dan segera reservasi melalui Whatsapp di H-1 ya, moms!